Bercadang Untuk Memukul “Ular Putih” Ini Sehingga Mati. Tiba-Tiba Nenek Jerit dan Marah dengan Alasan …

Rumah kami berada di kawasan desa. Di rumah kami ada menyimpan sebuah tempat penyimpanan beras yang sudah berusia puluhan tahun lama nya. Suatu hari nenek yang sedang sibuk membersih kan sayuran, menyuruh aku untuk menampi beras. Ketika mengambil beras di dalam, aku dikejutkan dengan sesuatu yang pelik.

Ternyata sesuatu itu adalah ular putih kecil yang keluar dari tempat penyimpanan beras. Aku terkejut setengah mati sampai bekas untuk mengambil beras itu terjatuh. Nenek yang mendengar teriakan ku terus menghampiriku. Bukan nya dia menanyakan keadaanku tapi malah melarangku untuk memukul dan membunuh ular itu.

Nenek melihat ular putih itu seolah -olah seperti melihat harta karun. Dan berkata: “wah, ular yang menguntungkan ini akhirnya datang ke rumah!” aku yang kebingungan bertanya pada nenek: “itu kan cuma ular biasa, bagaimana nenek tahu kalau itu ular yang boleh mendatang kan keuntungan?” wajah nenek terus berubah menjadi serius dan berkata bahwa ini adalah hikmat nenek moyang yang diturun kan dari generasi ke generasi. Kalau anak- anak yang menemukan ular ini di dalam tempat penyimpanan beras ertinya adalah hal baik, akan mendapat keberuntungan yang melimpah. Tapi, kalau dibunuh, malah akan mendatangkan malapetaka.

Selesai berbicara, nenek pergi membakar kertas sembahyang dan berdoa. Dari gerakan mulut nya seperti sedang meminta maaf, “kami tidak berani menolak, jika bersedia tinggal maka tinggal lah, jika tidak, maka tidak…”

Aneh nya, ular itu seperti mengerti perkataan nenek. Dari sudut celah, ular itu keluar dan langsung tidak terlihat lagi! Dan semenjak saat itu, aku tidak pernah nampak ular itu di dalam tempat penyimpanan beras lagi…

Sumber cerpen. co .id

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*